Man Jadda Wajada

barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah ia

Rabu, 04 Maret 2015



SELAT SOLO, MANTAP!


                Kota Solo merupakan kota yang sarat pesona. Kota kecil yang dijuluki kota bengawan ini memiliki banyak hal menarik yang selalu membuat orang betah tinggal di Solo. Salah satu daya tariknya adalah kulinernya. Selain banyak macamnya, cita rasanya juga khas dan yang pasti harganya sangat terjangkau.
Selat solo adalah salah satu kuliner khasnya. Hidangan tradisional asli Solo ini sangat nikmat dan segar. Selat solo terdiri dari wortel, buncis, ketimun, kentang goreng, selada, telur bacem / telur kecap dan daging. Khusus daging ada yang memakai daging cacah, galantin, daging iris atau iga tergantung selera masing-masing. Semua bahan tersebut disiram dengan kuah semur. Tak lupa ditambah mayonese yang rasanya kecut segar.
Sajian selat solo ini bisa dinikmati kapan pun. Disantap untuk sarapan oke, untuk makan siang sangat cocok, untuk makan malam pun sangat  lezat. Selain itu, selat solo juga bisa dihidangkan untuk jamuan tamu bahkan camilan. Selat solo ini terbilang makanan yang sehat dan baik untuk tubuh. Nilai gizi yang terkandung di dalamnya tidak diragukan. Ada protein nabati, protein hewani, karbohidrat, vitamin A, vitamin K, serta bermacam mineral.
Selat Solo, mantap!
Di kota Solo sendiri tidak sulit untuk menemukan warung selat solo. Salah satu tempat makan selat solo yang terkenal adalah Warung Selat (Solo) Mbak Lies yang terdapat di Serengan. Warung selat Mbak Lies ini  menyediakan  beberapa macam selat diantaranya selat solo / selat bestik dan selat galantin. Selat galantin ada 2 macam yaitu selat galantin kuah saos dan selat galantin kuah segar. Kuah dari selat galantin saos berwarna orange agak kemerahan, sedangkan kuah segar berwarna bening kecoklatan. Perpaduan asam, manis dan gurihnya sangat terasa. Benar-benar mantap…!!! Untuk menikmati selat galantinnya cukup merogoh kocek sekitar sepuluh ribu rupiah. Cukup murah kan?
Selat Solo Mbak Lies
Jika ingin mencoba, teman-teman bisa datang ke  warung selat Mbak Lies yang buka setiap hari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Lokasinya mudah dijangkau. Dari perempatan Serengan ke selatan hingga ketemu gang di kiri jalan yang terdapat tulisan warung selat Mbak Lies. Setelah ketemu, masuk gang tersebut. Jika ke sana, teman-teman akan terpana dengan desain interior warungnya yang penuh pernak-pernik. Di dindingnya banyak piring keramik tergantung yang ditandatangani oleh orang penting yang pernah menikmati selat di sana. Diantaranya ada tanda tangan tokoh negara seperti Bapak Amien Rais dan Bapak Try Sutrisno. Ada juga artis Indonesia seperti Shanty, Vonie Cornellia, Novieta Angie, Parto OVJ dan lain-lain. Seru kan?
Selamat mencoba dan menikmati selat solo yang mantap…!!!

3 komentar:

  1. Belum pernah ke mba lies. Kapan kapan ah nyobain selat solo mba lies yg kondang itu.

    BalasHapus
  2. Mnatap. Mana selatnya mana... ngeces nich.. Sudah lama ngga ke sana

    BalasHapus
  3. Mbak ety kalau kesana kamera jgn lupa ya, ornamennya unik

    BalasHapus